Pengertian Nahwu Secara Bahasa Dan Istilah Berikut 9 Contohnya Lengkap

Pengertian Ilmu Nahwu

 

Pengertian Ilmu nahwu adalah: Ilmu yang mempelajari tentang jabatan kata dalam kalimat dan harakat akhirnya, baik berubah (i’rab) atau tetap (bina). kaidah-kaidah yang dengannya diketahui hukum-hukum akhir-akhir kata bahasa arab dalam keadaan tersusun.

Pengertian ilmu nahwu adalah ilmu yang membahas mengenai perubahan harakat pada akhir kata bahasa arab.

Ilmu nahwu membahas mengenai kaedah bagaimana sebuah kalimat bisa berubah harakat akhirnya. Dengan memahami ilmu nahwu ini kita bisa mengetahui bagaimana perubahan pada harakat akhir bahasa arab.

Dengan mengetahui harakat akhir ini, maka kita bisa membedakan sebuah hakekat dari kalimat bahasa arab tersebut. Ilmu nahwu ini sangat penting untuk kita pelajari agar kita bisa memahami sebuah kalimat dalam bahasa arab.

 

Pengertian Ilmu Nahwu Secara Bahasa Dan Istilah

 

lmu an-Nahwu (Arabﻋﻠﻢ اﻟﻦحو‎; bahasa Indonesianahwu, sintaksisbahasa Inggrissyntax) merupakan salah satu bagian dasar dari ilmu tata bahasa bahasa Arab untuk mengetahui jabatan kata dalam kalimat dan bentuk huruf/harakat terakhir dari suatu kata.



1. Secara Bahasa

Lafadz النَحْوُ secara bahasa memiliki enam makna yaitu :

  1. Bermakna ألقَصْدُ                  (menyengaja)
  2. Bermakna الْجِهَةُ                  (arah)

Contoh :   نَحَوْةُ نَحْوَالْبَىْتِ     Saya menyengaja ke arah rumah.

  1. Bermakna اَلْمِثْلُ                   (seperti)

Contoh :   زَىْدٌ نَحْوُ عَمْرٍو     Zaid seperti umar.

  1. Bermakna اَلْمِقْدَارُ                 (kira-kira)

Contoh :   عِنْدِى نَحْوُ الْفٍ      Saya memiliki kira-kira seribu.

  1. Bermakna اَلْقِسْمُ                   (bagian)

Contoh :   هَذَا عَلَى خَمْسَةِ انْحَاءِ     Perkara ini adalah lima bagian.

  1. Bermakna اَلْبَغْضُ                (sebagian)

Contoh :   اكَلْتُ نَحْوَ السَّمَكَةِ   Saya telah memakan sebagian ikan.

Dari keenam pengertian nahwu secara bahasa diatas, yang paling terkenal adalah yang nomer pertama.

 

2. Pengertian Nahwu Secara Istilah

 

Pengertian nahwu secara istilah adalah sebagaiman dijelaskan seperti dibawah ini :

 

عِلْمٌ بِاُصُوْلِ مُسْتَمْبَطَةٍ مِن كَلاَمِ الْعَرَبِ يُعْرَفُ بِهَا اَحْكَامُ الْكَلِمَاتِ الْعَرَبِيَةِ حَالَ اِفْرَدِهَا وَحَالَ تَرْكِبِهَا

Ilmu tentang Qoidah-qoidah (pokok-pokok) yang diambil dari kalam arab, untuk mengetahui hukum (Hukumnya Kalimat) kalimat arab yangtidak disusun (seperti panggilan, idghom, membuang dan mengganti huruf) dan keadaan kalimat ketika ditarkib (seperti I’robdan mabni).

 

عِلْمٌ بِاُصُوْلٍ مُسْتَنْطَةِ مِنْ قَوَاعِدِ الْعَرَبِ يُعْرَفُ بِهَا اَحْوَالُ آَوَاخِرِ الْكَلِمِ إعْرَابًا وَبِنَاءٌ

Ilmu tentang pokok-pokok yang diambil dari qoidah-qoidah arab, untuk mengetahui keadaan akhirnya kalimat dari segi I’rob dan mabni.

 

Dari dua penjelasan diatas yang menjadi acuan makna nahwu secara istilah adalah yang pertama, karena ilmu nahwu tidak hanya membahas mengenai hakekat harakat akhir dari sebuah kalimat bahasa arab, akan tetapi nahwu juga membahas mengenai kedudukan dari kalimat tersebut, apakah masuk dalam kategori mabni atau mu’rab.

Pengertian Ilmu Nahwu Menurut Para Ahli

 

Menurut para ahli, ilmu nahwu adalah ilmu yang membahas hakekat harakat akhir kalimat bahasa arab. Dan ilmu nahwu juga membahas mengenai sebuah kalimat tersebut bermaksud apa, dan apa artinya.

Pengertian Nahwu PDF

 

Pengertian nahwu pdf adalah sebuah buku yang membahas mengenai tatacara belajar ilmu nahwu.

Kamu bisa mendownload pengertian ilmu nahwu pdf di link berikut ini

Download pengertian nahwu pdf

 

Pengertian Ilmu Nahwu Untuk Pemula

Dari semua penjelasan ilmu nahwu diatas bisa diambil kesimpulan bahwa pengertian nahwu dalam bahasa arab adalah ilmu tatabahasa arab ( grammar / gramatikal ) yang wajib dipelajari oleh orang yang ingin menguasai bahasa arab.

Mulai hari ini buat kamu yang masih sering bertanya apa pengertian nahwu?. Maka kamu tidak perlu lagi untuk bingung. Karena kamu sudah membaca artikel yang membahas mengenai pengertian ilmu nahwu secara detail di artikel ini.